Timnas Indonesia Lolos dari Lubang Jarum, Underdog yang Menyalak

Wecome The Factory Of English di Portal Ini!

The Factory Of English, DOHA – Indonesia lolos dari lubang jarum dan mencapai babak sistem gugur Piala Asia untuk pertama kalinya, setelah striker alami Joel Kojo mencegah Kyrgyzstan mengakui kekalahan ketiganya di Piala Asia 2023 saat bertemu. Oman di final Grup F yang berakhir 1-1 pada Kamis (25/1/2024) malam tadi. Timnas Indonesia Lolos dari Lubang Jarum, Underdog yang Menyalak

Kyrgyzstan akhirnya membawa pulang satu poin, sementara Oman gagal melaju ke babak 16 besar Piala Asia di Qatar karena tidak punya cukup poin untuk bersaing dengan Indonesia yang terpaut tiga poin dari peringkat ketiga Grup D sekaligus terpaut tiga poin. menjadi salah satu dari empat tim terbaik di peringkat ketiga.

Hasil pertandingan Oman melawan Kyrgyzstan berperan penting dalam lolosnya Merah Putih ke babak sistem gugur, namun hal tersebut tidak menampik fakta bahwa Asnawi Mangkualam cs lolos dari babak penyisihan grup dengan baik.

Tiga laga sulit yang mereka hadapi di grup neraka dengan lawan jauh di atas mereka, yang di satu sisi menciptakan tingkat ketahanan dan kualitas tim besutan Shin Tae-yong.

Di Grup D, Jepang memiliki peringkat FIFA tertinggi dengan 17, disusul Irak 63, Vietnam 94, dan Indonesia dengan 146. Indonesia Gagal Total di Asian Games 2023, Rionny Mainaky Pasang Badan

Jepang yang saat ini menjadi tim Asia dengan peringkat tertinggi di FIFA, menjadi runner-up Piala Asia 2019, sekaligus menjadi negara yang paling banyak mengangkat trofi Piala Asia, sebanyak empat kali.

Irak sendiri pernah menjadi juara Piala Asia 2007, ketika empat negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi tuan rumah Piala Asia tahun itu.

Jadi, meski kehilangan dua raksasa sepak bola Asia, lolos dari grup neraka itu sudah menjadi pencapaian yang luar biasa.

Apalagi, ini merupakan penampilan pertamanya, tidak hanya di level Piala Asia, tapi juga di ajang di luar kompetisi regional Asia Tenggara.

Meski kalah dari Irak dan Jepang, Garuda tidak bisa dianggap remeh oleh siapa pun, termasuk Australia yang akan menjadi lawan Indonesia di babak 16 besar Minggu 28 Januari mendatang.

Jepang yang mengalahkan Jerman dan Spanyol di Piala Dunia 2022 harus mengandalkan penalti kontroversial dan gol bunuh diri untuk mengalahkan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Faktanya, lebih dari separuh dari 26 pemain yang membawa Jepang ke Piala Asia 2023 juga merupakan pemain yang sama yang mengantarkan Samurai Biru mengalahkan Jerman dan Spanyol di Piala Dunia 2022 dua tahun lalu.

Dua tahun lalu, Ritsu Doan mencetak dua gol dan Dauzen Maeda mencetak satu gol. Namun kedua penyerang Jepang tersebut gagal mendobrak pintu Indonesia, seperti yang terjadi pada Vietnam dan Irak.

Ujung tombak Garuda, Rafael Struick, juga akan menghadapi bek kelas dunia, empat di antaranya menjadi andalan Jepang di Piala Dunia 2022. Takehiro Tomiyasu menjadi salah satu bek yang menjadi bagian transformasi Arsenal menuju Liga Inggris.

Namun, meski menghadapi bek berkualitas Tomiyasu, Garuda masih berhasil mencuri gol Sandy Walsh setelah diawali dengan lemparan langsung ke area gawang dari bek kiri Pratama Arhan.

Melawan Samurai Biru, pertahanan Indonesia membuat Jepang hanya mampu melakukan dua percobaan tepat sasaran dari total 14 percobaan.

Sebaliknya, Garuda hanya melakukan tiga kali percobaan, namun satu di antaranya berhasil lolos dan mencetak gol. Setidaknya hal ini menunjukkan Indonesia tampil lebih klinis. Timnas Indonesia Lolos dari Lubang Jarum, Underdog yang Menyalak

Ketua Umum Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bersyukur timnas Indonesia akhirnya mencatatkan sejarah baru di Piala Asia dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Kepastian itu diraih usai mengalahkan salah satu rival terkuat Indonesia di liga bawah, Oman, dalam hasil imbang 1-1 melawan Kyrgyzstan pada laga pamungkas Grup F Piala Asia 2023 di Qatar di Stadion Qatar Abdullah bin Khalifa. , Doha, Qatar, Kamis (25/1/2024).

Hasil ini membuat Oman tidak bisa naik dari peringkat kelima minor ke peringkat ketiga terbaik setelah hanya meraih 2 poin dengan selisih gol -1 dan cukup bagi Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar setelah finis di urutan keempat. tempat ketiga dengan 3 poin dan selisih gol -3.

“Alhamdulillah, cerita baru bagi sepak bola Indonesia. Timnas Indonesia bisa mengamankan satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023, kata Erick melalui unggahannya di Instagram resminya, diumumkan, Jumat (26/1/2024).