Simak Sederet Target Kinerja BPSDMP Kemenhub 2024

Sugeng rawuh The Factory Of English di Situs Kami!

The Factory Of English, Jakarta Selain meraih sejumlah prestasi yang cukup gemilang di tahun 2023, di tahun 2024 ini ada beberapa target yang disiapkan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan agar bisa meraih kesuksesan dengan mencetak SDM yang mumpuni. . di bidang transportasi. . Simak Sederet Target Kinerja BPSDMP Kemenhub 2024

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Transportasi Laut Ahmed menjelaskan perguruan tinggi bidang kelautan pada tahun ini mempunyai strategi seperti meningkatkan optimalisasi aset dengan merevitalisasi laboratorium dan simulator, membuka program studi baru dan pelatihan baru, membuka ETO, MHV dan Pelatihan ETR, pelatihan STCW dan non-STCW terbuka, kampus inklusif (bermanfaat bagi masyarakat sekitar atau market branding dan smart campus (standar/prestasi global).

“Kami dari bidang maritim juga akan bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait dalam pelatihan pembentukan pendanaan, kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan perusahaan pelayaran, kami akan menawarkan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta terkait dalam penggunaan aset. Dan kami akan bekerja sama dengan sektor maritim. swasta dalam pelaksanaan pelatihan, seperti ke kapal pelaut,” kata Ahmed dalam rapat kerja rencana aksi anggaran 2024 di Midion, ditulis, Minggu (28 Januari 2024). OJK Terus Pantau dan Dalami Masalah Kredit Macet Investree

Ia juga menambahkan, pada tahun ini pihaknya berencana mengirimkan sekitar 74 taruna dan 38 dosen magang ke luar negeri, seperti Belanda, China, Denmark, Filipina, Jepang, Malaysia, Polandia, Rusia, Singapura, Turki, dan Yunani untuk perguruan tinggi. Makassar, Mereka akan melakukan pelatihan di luar negeri kerjasama dengan Singapore Shipowners Protection and Indemnity Association, kemudian Bangladesh Maritime Academy dan Dar es Salaam Maritime Institute, Tanzania.

Lebih lanjut Ahmed menjelaskan guna menyusun strategi pengembangan perpustakaan yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Dan seraya mengidentifikasi kendala-kendala dalam pengelolaan perpustakaan dan mencari solusi tepat serta menjalin jaringan komunikasi, pihak bermaksud membuat rapat koordinasi nasional bagi perpustakaan dan pustakawan binaan BPSDM.

“Tujuan dari rakor nasional yang rencananya akan dilaksanakan di STIP Jakarta pada tanggal 26-28 Februari ini adalah untuk mengembangkan jejaring kerjasama antar perpustakaan, memperbaharui strategi pengelolaan perpustakaan sejalan dengan perkembangan saat ini, serta meningkatkan literasi dan minat baca taruna. . dan dosen pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Penerbangan Sipil Ahmed Styo Prabo menjelaskan salah satu fokus sumber daya manusia sektor penerbangan pada tahun ini adalah memetakan kebutuhan pelatihan wajib di sektor bandara. Untuk itu, upaya yang dilakukan antara lain menyelenggarakan analisis beban kerja personel bandara untuk memetakan kebutuhan sumber daya manusia dan pelatihan teknis sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

“Kami adalah anggota Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), Trainair Plus Platinum Program (TPP), Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) – Pusat Pelatihan Pilihan (ATC), Airports Council International (ACI) – Mitra Pelatihan Bersertifikat (ATP) “Otoritas akan menyelenggarakan pelatihan berstandar global dengan biaya terjangkau, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kompetensi orang-orang yang terlibat dengan cara yang efektif, efisien, dan hemat biaya,” katanya.

Namun, kata Stayo, akan ada beberapa tantangan yang muncul. Termasuk memperkuat database mengenai sertifikat kompetensi yang dimiliki dan yang sudah habis masa berlakunya (perlu diperbarui). Kemudian terbatasnya anggaran pelaksanaan pelatihan guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia penerbangan. Dan yang terakhir, kinerja personel bandar udara masih belum maksimal karena belum memenuhi kemampuan teknis yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.

“Rencananya juga kita akan melakukan restrukturisasi program gelar. Misalnya D-III Manajemen Angkutan Udara dan D-III Operasi Pesawat Udara akan menjadi D-IV Manajemen Angkutan Udara. Lalu D-IV Teknik Pesawat Terbang dan D-III Teknik Pesawat Udara menjadi -D- Teknologi IV “Teknik perawatan pesawat. Dan masih ada beberapa lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat Nakhodin dalam kesempatan yang sama menjelaskan, pihaknya memiliki rencana strategis tahun ini mengenai prioritas kebutuhan infrastruktur. Sama halnya dengan PTDI-STTD, untuk menunjang pelatihan tersebut diperlukan laboratorium sistem parkir dan simulator uji kendaraan listrik. Sedangkan di PKTJ Tegal, diperlukan penambahan peralatan untuk pembangunan bengkel TRO, hidran kebakaran regional, dan penyelesaian pembangunan sirkuit. Simak Sederet Target Kinerja BPSDMP Kemenhub 2024

“Untuk Politeknik Medion Indonesia akan disiapkan pengadaan simulator HST dan MRT, pengadaan peralatan laboratorium, material kereta api, pengadaan peralatan simulator sistem OCC dengan laboratorium persinyalan dan pemodelan LRT Jabodebek serta furniture PPKA,” ujarnya.

Nahdodin juga mengatakan, guna meningkatkan kualitas guru, pihaknya akan membuat program beasiswa S3 bagi 37 dosen yang merupakan guru dari PTDI-STTD Bekasi, PKTJ Tegal, Poltektrans SDP Palembang, PPI Madiun, dan Poltrada Bali.